Sabtu, 19 Mei 2018

Operasi kecil di mata atau Insisi (Tips Sebelum Operasi dan Pencegahan Iritasi Mata)

Halooo!! Kali ini aku mau cerita pengalaman aku di operasi kecil atau biasa disebut insisi kelopak mata. Jadi sebelumnya aku punya benjolan di mata, mirip seperti bintitan tapi dia tidak menghilang walaupun diberikan obat tetes mata, dan karena semakin lama orang-orang notice dengan benjolan di kelopak mata ku, akhirnya aku memutuskan untuk memeriksanya ke Rumah Sakit Mata Aini.
Jadi aku ke rumah sakit sendiri, dan aku emang tidak merasa keluhan apapun hanya saja akhir-akhir ini mata ku lebih terasa gatal dan cepat lelah. Ini pertamakali nya saya ke Rumah Sakit Mata.

Pertama-tama kita akan di cek kelembapan bola mata dengan alat yang mirip seperti stetoskop. Nanti akan ada udara yang keluar menyembur ke mata kita dari alat tersebut, tujuan nya untuk memeriksa bola mata lalu setelah selesai dari pemeriksaan pertama, kita harus pindah ke alat lainnya. disini seperti alat yang bisa kalian jumpai di optik ketika melakukan pemeriksaan mata, akan ada gambar dan kita hanya harus melihat titik merah digambar tersebut. Pemeriksaan selanjutnya adalah pemeriksaan mata untuk mengetahui minus, plus atau silender mata kita dengan membaca huruf yang ada di layar dengan menutup satu sisi mata secara bergantian. Lalu terakhir suster akan memeriksa tekanan darah pasien dan pasien menunggu sampai nama mereka dipanggil giliran menemui dokter.

Ketika bertemu dokter, dokter menjelaskan bahwa benjolan dimata aku adalah nanah yang sudah mengendap karena iritasi debu, kotoran dan makeup. Lalu dokter menyarankan saya untuk melakukan insisi atau operasi kecil untuk pengangkatan benjolan tersebut, tapi karena saya datang sendiri ke Rumah Sakit, dokter meminta saya untuk datang minggu depan lagi dengan membawa pendamping untuk menemani operasi, dokter lalu memberikan saya obat minum dan salep mata untuk dipakai selama seminggu.

Jujur aku merasa takut karena operasi dimata pasti akan lebih sakit dan saya adalah orang yang mempunyai phobia dengan jarum suntik. Dalam waktu seminggu aku melakukan research tentang operasi kecil mata dan insisi, tidak banyak informasi mengenai insisi di internet bahkan salah baca artikel akus emakin takut untuk melakukan insisi. Sehari sebelum insisi aku menelfon rumah sakit untuk memastikan operasi dan bertanya-tanya perlukah puasa (saat ini sedang puasa Ramadhan), lalu operator telfon memberitahu untuk tidak berpuasa dan datang dipagi hari jam 10 pagi. Keesokannya aku datang ke Rumah Sakit Mata Aini, I try to believe that "Everything gonna be okay, you can do it Rizka" dan akhirnya aku harus operasi saat itu juga!! hahahaha

Setelah berada di ruang operasi, aku dipakaikan baju operasi oleh suster dan diminta untuk berbaring di ruang operasi, saat itu juga suster meneteskan obat tetes mata yang rasanya perih di mata. Lalu dokter datang dan menjelaskan bahwa operasi akan dilakukan 15 menit beserta prosedurnya agar pasien lebih tenang. Setelah itu mata aku di tutupi kain lalu dokter mulai mensuntikkan bius local di bawah pelipis mata dan dia menekan agar biusnya terdeliver dengan baik lalu jelang beberapa detik dokter menyuntikkan lagi di dekat kelopak mata aku setelah mata aku benar-benar tidak merasakan apapun, mata saya diberikan alat seperti penjepit bulu mata dan yah langsung saja dokter melakukan operasi. Selama operasi aku tidak merasakan apnapun, dan dokter berusaha untuk berinteraksi dengan bertanya-tanya dengan aku. Mungkin agar aku tidak merasa takut dan rileks. Setelah operasi selesai mata aku diberikan betadine dan ditutup bandage. Dokter memberitahu aku bisa membuka bandage setelah 2 jam dan ketika nyeri aku bisa langsung minum obat penghilang nyeri.

Terimakasih kepada dokter Dini yang sudah meng encourage saya dan melakukan operasi dengan sangat baik. Dibawah ini aku mau memberikan kalian tips bagi kalian yang ingin melakukan insisi dan juga pencegahan dari iritasi mata.

After surgery, yeah I look like Jack Sparrow lol

Tips untuk kalian yang ingin melakukan insisi :

1. Siapkan mental
ini paling penting sih, karena kalau kalian tidak siap nanti ga jadi-jadi tindakan nya. Ubah mindset kalian dengan seramnya ruang operasi dengan berpikir positif bahwa ini demi kebaikan kalian, percayakan dengan dokter kalian. Mereka pasti bisa melakukan yang terbaik.
2. Baju
Ketika kalian mau operasi, pakai lah pakaian kemeja berkancing agar memudahkan kalian melepas dan mengenakan pakaian pre dan post operasi.
3. Makan sebelum operasi
Ketika obat bius nya sudah hilang, kalian akan merasa nyeri di sekitar mata. Ada obat minum untuk meredakan nyeri hanya saja obat ini bisa diminum setelah makan. Jadi alangkah baiknya kalian makan dulu sebelum operasi just in case bius nya hilang, kalian bisa langsung meminum obat tersebut.
4. Luka setelah operasi akan menyebabkan mata bengkak dan nyeri, dokter memberitahu saya selama 3 hari luka harus dihindari dari air. Jadi kalau kalian mau keramas, mungkin harus ekstra hati-hati atau kalian bisa pergi ke salon dan let salon take care your hair :)

Penyebab dari iritasi mata kenapa ya?
1. Debu dan kotoran.
Bagi kalian yang suka naik motor atau ojek online sangat disarankan pakai helmet nya full menutupi muka yah sehingga mencegah debu masuk ke mata.
2. Eye makeup
Ini adalah penyebab paling utama dialami pasien wanita, ketika kalian memakai eye makeup entah itu mascara atau eye shadow pastikan kalian membersihkan area mata dengan sangat hati-hati dan benar-benar pastikan area mata kalian bersih dari makeup.
3. Ngegym dengan eye makeup
Keringat yang keluar akan membuat makeup meleleh dan iritasi mata sangat mungkin terjadi. Jadi bagi kalian yang suka workout dengan menggunakan makeup sebaiknya dihindari yah.
4. Extention bulu mata atau penggunaan lem bulumata.
Ini harus extra hati-hati juga ya, ingat mata adalah bagian tubuh yang paling sensitif. Kalian masih bisa menggunakan bulu mata hanya saja harus benar-benar membersihkan nya dengan baik dan benar.

Yah, itu dia pengalaman aku ketika melakukan insisi. Semoga tulisan ini bisa encourage teman-teman yang ingin melakukan insisi dan juga bisa membuat teman-teman untuk lebih aware menjaga kebersihan dan merawat mata kalian.

55 komentar:

  1. Wah..baru tau kalo sisa makeup bisa bikin iritasi dan berujung ke oprasi gini riz,harus rajin rajin bersihin mata nih. nice info & thenks for share.

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak kita harus bersihin eye makeup nya sampe bener-bener bersih. Makasih banyak ya kak :)

      Hapus
  2. wah infonya berguna banget ini kak...aku jadi deg degan. aku sendiri kalo bersihin makeup mata kadang nggak teliti, yg penting di hapus aja. nggak tau masih ada yg nempel apa nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener aku dulu juga gt bahkan aku suka langsung tidur tanpa bersihin eye makeup karena pasti lebih fokus ke bersihin face makeup. Semoga artikel ini bisa buat orang-orang lebih aware yaah

      Hapus
  3. Halo Rizka, waaaah bagus banget ini infonya! selama ini yang aku tahu iritasi mata gara2 makeup dan extension, ternyata debu dari bermotor juga bisa berpengaruh. Sebagai pemotor aku harus banget waspada nih. makasih ya infonya <3 untuk pencegahannya, dokter menyarankan kah untuk memakai obat tetes mata dalam jangka waktu tertentu?

    Salam kenal yaa, saling follow yuk ^^


    Love,

    Atikah A,
    https://www.atikahamalia.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk obat tetes mata hanya untuk mata iritasi memerah sama gatal, tapi kalau udah selama seminggu masih iritasi mungkin kamu bisa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Iya terimakasih jg sudah visit ke blog aku. Yuk boleh banget saling follow satu sama lain dan salam kenal atikah :)

      Hapus
  4. Makasih infonya....aku mau operasi kista kelopak mata tp msh takut...mudahan aku brani setelah membaca pengalaman mbaknya...

    BalasHapus
  5. wah semangat mba yeni! semoga dilancarkan operasi kelopak mata nya, god bless you! :)

    BalasHapus
  6. Mba aku juga keluhan yang sama,udah sebulan dikelopak mata nya bengkak dan ada bintik putih,kemarin juga sempat dikasih antibiotik dari dokter tp ga ada perubahan,tp aku juga takut harus kaya gini:')

    BalasHapus
  7. Better ke dokter lagi kak untuk recheck dan buru2 diambil tindakan agar tidak mengganggu dikemudian hari kak. Semangat ya kak!

    BalasHapus
  8. Kak mohon maaf ingin bertanya untuk biaya operasi nya sendiri berapa ya?

    BalasHapus
  9. aku lupa mba berapa kayanya less than 3 million ya, itu aku di tahun 2018 di rumah sakit mata aini setiabudi

    BalasHapus
  10. Oh ya Kak, operasinya ada bekas gak?

    BalasHapus
  11. Kak, mata abis operasi, jadi sayu nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga bisa bedain nya sis soalnya mata ku udh sayu dr awal tp kayanya so far nothing wrong dengan mata ku

      Hapus
  12. Kak perbannya berapa hari di lepas ama biaya operasi nyabtu berapaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, perban nya baru bisa dilepas setelah 3 hari ya, harus menghindari lembab dan kena air. Untuk biaya operasi seingat aku under 4 juta.

      Hapus
  13. Kak itu selesai kk operasi, berapa lama baru bisa pulang kak?

    BalasHapus
  14. Halo kak, habis operasi langsung boleh pulang kok.
    Ketika operasi harus ada pendamping ya kak agar ada yg nemenin.
    Semoga membantu

    BalasHapus
  15. Halo kak! Untuk pertama kalinya di periksa ke dokter. Apakah ada biayanya dan berapa ? Untuk di hari operasinya, butuh biaya berapa juga ya kak? Mungkin harga tidak sesuai dengan rumah sakit lain, tapi aku mau memperkirakannya. Dan minggu ini aku mau di operasi karna kista dimata ku sudah lebih dari 1/1,5 tahun. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Hi, untuk periksa ke dokter nya di RS Mata Aini di harga 350ribu, kalau spesialis 450rb seinget ku di tahun tsb ya, lalu untuk operasi mata nya harga tindakan sekitar 4 juta rupiah sudah termasuk obat yang harus di konsumsi pasca operasi. Semoga operasi nya berjalan lancar ya!

    BalasHapus
  17. Halo kak, q punya masalah sama bintitan udh hampir 5 bln, udh ke dokter mata abis 350rb, tp belum sembuh, suamiku menyarankan insisi aja seperti kata dokter, tp Karna ini pertama kali nya q rada takut kak, efek setelah operasi gmn,?
    Kakak sembuh nya bintitan pasca operasi berapa lama?

    BalasHapus
  18. Hi, untuk efeknya cuma cenatcenut diawal aja dan disarankan beristirahat dan ga main hp banyak2. oh ya sama ga boleh kena air dulu. 3 hari udah baikan kok dan perban boleh dibuka. tapi hindari keluar dan kena debu ya. Good luck buat kamu. Insya Allah baik2 ajaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kakak diatas menjlaskan 2jam udah boleh bandage

      Hapus
  19. Hallo kak maaf mau tanya klo setelah operasi gaboleh kena air, berarti gak boleh cucimuka kak? Dan klo untuk ibadah nanti gimana ya kak?🙏🏻 dimataku jg ada benjolan gak ilang2 mau kedokter tp takut klo disuruh tindakan operasi😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama denganku sudah hampir 1 tahun benjol kecil d klopak mata g ilang ilang.awalnya sperti bintitan k dokter d kasih antibiotik dan salep mata malah g ilang2..skrng mencoba memberanikan diri untuk operasi..mohon doanya ya..semua yg baca komen saya ini😭

      Hapus
    2. Halo kak Athiyah, kalau waktu itu aku tayamum kak. karena agar menghindari masuknya air ke mata. Hayo semangat kak pasti bisa memberanikan diri ke dokter

      Hapus
  20. Terimakasih mb prnulis ...tulisan anda sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  21. Dan saya jg baru melaksanakan operasi kecilnya hariini. Terasa sakit sekali. Tp aku disarankan oleh dokternya u
    ntuk membuka perbannya 2-3jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semangat kak Vina! istirahat dulu ya kak, jangan banyak melihat laptop atau hp dulu. Semoga lekas sembuh kak

      Hapus
    2. Ka ini kalo main laptop buat ngerjain tugas gaboleh kah?

      Hapus
    3. boleh dek tapi ga boleh lama2 karena matanya masih butuh recovery dan istirahat sebaiknya pakai kacamata biar ga terlalu lelah

      Hapus
    4. setelah di buka perban nya apa harus pakai perban lagi kak? atau dibiarkan terbuka aja?

      Hapus
  22. Sis sampai lepas semua pakaian atau hanya baju??

    BalasHapus
  23. Hi Faezya, untuk operasinya hanya lepas baju biasa ya.

    BalasHapus
  24. Sist, jadi dari benjolan yang diambil itu, bersifat padat atau berisi cairan? setelah itu apakah ada saran dari dokter utk di pathology juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi sis, benjolan nya berisi cairan nanah dan menurut dokter itu adalah kotoran yg terakumulasi dari pemakaian eye contact jd tidak perlu untuk rujukan pathology juga. Semoga menjawab ya

      Hapus
  25. Sya pngen operasi jga nih besok ada benjolan di kelopak mata TPI msih degdegan takut banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kak hasil operasi insisi nya? semoga fast recovery yaa!

      Hapus
  26. Anak saya jg bintitan ud hampir 6bln, skrg sih msh berobat di ksh salep untuk 2 week kedepan, klo ud diksh obt blm ada perubahn harus tindakan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik segera tindakan mba, dan dengan wawasan dan bimbingan dokter agar leboh cepat sembuhnya

      Hapus
  27. Kak maaf mo nanya, pas disuntik bius gimana kak? Sakit banget ya disuntik di mata? Aku juga ini lagi ada benjolan di pojok bawah mata, udah 3 bulanan udah ke dokter sp mata juga dikasi obat antibiotik sama salep mata katanya kalo udh 2 mgg gaada perubahan ya jalan terakhir perlu dilakuin operasi gt. Laini udh 2 mgg dan benjolan di mataku jg gaada perubahan takut bangetttt :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak, ketika dibius ada rasa sakit tp sedikit bgt kok, disuntik di kelopak mata dan ada dibagian mata juga. Wah lebih baik lekas disembuhkan kak, insya allah aman untuk di insisi. Goodluck ya kak, percaya aja ke dokternya dan insya allah lancar2 kak.

      Hapus
    2. Kak setelah insisi efek dari suntik biusnya apa gelap d bagaian kulitnya...(hitam keabu"an)

      Hapus
  28. Hi Kak, di aku alhamdulillah ga ada efek gelap pada bagian kulit yg disuntik. Mungkin ini inflamasi kah? better ditanyakan kak kepada dokter mata nya

    BalasHapus
  29. kak mau tanya , aku hari ini habis insisi jugaa , aku disaranin dokternya 2-3 jam perban nya dicopot . jadi apa klo udah dicopot dibiarkan terbuka ajaa? kalo menurit pengalaman kaka gimana?

    BalasHapus
  30. halo kak, maaf kan baru balas ya. perban nya gpp kak dicopot biarkan terbuka aja asal kakak tetap menjaga jangan sampai kena debu dan air ya kak.

    BalasHapus
  31. kak setelah melakukan insisi, untuk sembuh total seperti mata keadaan awal butuh berapa hari ya ka? mau operasi tapi takut sembuhnya lama, soalnya udah mulai sekolah offline lagi ka hhe.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sembuh total itu 5 hari, pokoknya 3 hari pake perban dan ga boleh air, habis itu 2 hari minimalisir terkena debu, aku saranin pakai kacamata dulu aja biar ga kena debu dan air

      Hapus
    2. oh baik kak, terimakasih 👍

      Hapus
  32. kak, abis operasi insisi itu ada belas jaitan ga si?jujur aku takut banget selama ini karna hal itu huhu. kamis ini aku kontrol lagi karna gamau kempes juga benjolannya

    BalasHapus
  33. Halo kak, untuk bekas jahitan nya ga ada sama sekali di aku, bahkan orang-orang ga akan notice kalau aku pernah insisi mata. awal nya emang pasti menakutkan kak, tp percaya aja bisa sembuh kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kak kl boleh aku tau kaka pakai bius apa namanya? Bertahan brp jam kak obat biusnya? Lalu setelah dijahit perlu dicabut gt gak kak jahitannya?sprti jahitan di kepala gt contohnya kak

      Hapus

Copyright © 2014 My Journeys