Sabtu, 19 Mei 2018

Operasi kecil di mata atau Insisi (Tips Sebelum Operasi dan Pencegahan Iritasi Mata)

Halooo!! Kali ini aku mau cerita pengalaman aku di operasi kecil atau biasa disebut insisi kelopak mata. Jadi sebelumnya aku punya benjolan di mata, mirip seperti bintitan tapi dia tidak menghilang walaupun diberikan obat tetes mata, dan karena semakin lama orang-orang notice dengan benjolan di kelopak mata ku, akhirnya aku memutuskan untuk memeriksanya ke Rumah Sakit Mata Aini.
Jadi aku ke rumah sakit sendiri, dan aku emang tidak merasa keluhan apapun hanya saja akhir-akhir ini mata ku lebih terasa gatal dan cepat lelah. Ini pertamakali nya saya ke Rumah Sakit Mata.

Pertama-tama kita akan di cek kelembapan bola mata dengan alat yang mirip seperti stetoskop. Nanti akan ada udara yang keluar menyembur ke mata kita dari alat tersebut, tujuan nya untuk memeriksa bola mata lalu setelah selesai dari pemeriksaan pertama, kita harus pindah ke alat lainnya. disini seperti alat yang bisa kalian jumpai di optik ketika melakukan pemeriksaan mata, akan ada gambar dan kita hanya harus melihat titik merah digambar tersebut. Pemeriksaan selanjutnya adalah pemeriksaan mata untuk mengetahui minus, plus atau silender mata kita dengan membaca huruf yang ada di layar dengan menutup satu sisi mata secara bergantian. Lalu terakhir suster akan memeriksa tekanan darah pasien dan pasien menunggu sampai nama mereka dipanggil giliran menemui dokter.

Ketika bertemu dokter, dokter menjelaskan bahwa benjolan dimata aku adalah nanah yang sudah mengendap karena iritasi debu, kotoran dan makeup. Lalu dokter menyarankan saya untuk melakukan insisi atau operasi kecil untuk pengangkatan benjolan tersebut, tapi karena saya datang sendiri ke Rumah Sakit, dokter meminta saya untuk datang minggu depan lagi dengan membawa pendamping untuk menemani operasi, dokter lalu memberikan saya obat minum dan salep mata untuk dipakai selama seminggu.

Jujur aku merasa takut karena operasi dimata pasti akan lebih sakit dan saya adalah orang yang mempunyai phobia dengan jarum suntik. Dalam waktu seminggu aku melakukan research tentang operasi kecil mata dan insisi, tidak banyak informasi mengenai insisi di internet bahkan salah baca artikel akus emakin takut untuk melakukan insisi. Sehari sebelum insisi aku menelfon rumah sakit untuk memastikan operasi dan bertanya-tanya perlukah puasa (saat ini sedang puasa Ramadhan), lalu operator telfon memberitahu untuk tidak berpuasa dan datang dipagi hari jam 10 pagi. Keesokannya aku datang ke Rumah Sakit Mata Aini, I try to believe that "Everything gonna be okay, you can do it Rizka" dan akhirnya aku harus operasi saat itu juga!! hahahaha

Setelah berada di ruang operasi, aku dipakaikan baju operasi oleh suster dan diminta untuk berbaring di ruang operasi, saat itu juga suster meneteskan obat tetes mata yang rasanya perih di mata. Lalu dokter datang dan menjelaskan bahwa operasi akan dilakukan 15 menit beserta prosedurnya agar pasien lebih tenang. Setelah itu mata aku di tutupi kain lalu dokter mulai mensuntikkan bius local di bawah pelipis mata dan dia menekan agar biusnya terdeliver dengan baik lalu jelang beberapa detik dokter menyuntikkan lagi di dekat kelopak mata aku setelah mata aku benar-benar tidak merasakan apapun, mata saya diberikan alat seperti penjepit bulu mata dan yah langsung saja dokter melakukan operasi. Selama operasi aku tidak merasakan apnapun, dan dokter berusaha untuk berinteraksi dengan bertanya-tanya dengan aku. Mungkin agar aku tidak merasa takut dan rileks. Setelah operasi selesai mata aku diberikan betadine dan ditutup bandage. Dokter memberitahu aku bisa membuka bandage setelah 2 jam dan ketika nyeri aku bisa langsung minum obat penghilang nyeri.

Terimakasih kepada dokter Dini yang sudah meng encourage saya dan melakukan operasi dengan sangat baik. Dibawah ini aku mau memberikan kalian tips bagi kalian yang ingin melakukan insisi dan juga pencegahan dari iritasi mata.

After surgery, yeah I look like Jack Sparrow lol

Tips untuk kalian yang ingin melakukan insisi :

1. Siapkan mental
ini paling penting sih, karena kalau kalian tidak siap nanti ga jadi-jadi tindakan nya. Ubah mindset kalian dengan seramnya ruang operasi dengan berpikir positif bahwa ini demi kebaikan kalian, percayakan dengan dokter kalian. Mereka pasti bisa melakukan yang terbaik.
2. Baju
Ketika kalian mau operasi, pakai lah pakaian kemeja berkancing agar memudahkan kalian melepas dan mengenakan pakaian pre dan post operasi.
3. Makan sebelum operasi
Ketika obat bius nya sudah hilang, kalian akan merasa nyeri di sekitar mata. Ada obat minum untuk meredakan nyeri hanya saja obat ini bisa diminum setelah makan. Jadi alangkah baiknya kalian makan dulu sebelum operasi just in case bius nya hilang, kalian bisa langsung meminum obat tersebut.
4. Luka setelah operasi akan menyebabkan mata bengkak dan nyeri, dokter memberitahu saya selama 3 hari luka harus dihindari dari air. Jadi kalau kalian mau keramas, mungkin harus ekstra hati-hati atau kalian bisa pergi ke salon dan let salon take care your hair :)

Penyebab dari iritasi mata kenapa ya?
1. Debu dan kotoran.
Bagi kalian yang suka naik motor atau ojek online sangat disarankan pakai helmet nya full menutupi muka yah sehingga mencegah debu masuk ke mata.
2. Eye makeup
Ini adalah penyebab paling utama dialami pasien wanita, ketika kalian memakai eye makeup entah itu mascara atau eye shadow pastikan kalian membersihkan area mata dengan sangat hati-hati dan benar-benar pastikan area mata kalian bersih dari makeup.
3. Ngegym dengan eye makeup
Keringat yang keluar akan membuat makeup meleleh dan iritasi mata sangat mungkin terjadi. Jadi bagi kalian yang suka workout dengan menggunakan makeup sebaiknya dihindari yah.
4. Extention bulu mata atau penggunaan lem bulumata.
Ini harus extra hati-hati juga ya, ingat mata adalah bagian tubuh yang paling sensitif. Kalian masih bisa menggunakan bulu mata hanya saja harus benar-benar membersihkan nya dengan baik dan benar.

Yah, itu dia pengalaman aku ketika melakukan insisi. Semoga tulisan ini bisa encourage teman-teman yang ingin melakukan insisi dan juga bisa membuat teman-teman untuk lebih aware menjaga kebersihan dan merawat mata kalian.

6 komentar:

  1. Wah..baru tau kalo sisa makeup bisa bikin iritasi dan berujung ke oprasi gini riz,harus rajin rajin bersihin mata nih. nice info & thenks for share.

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak kita harus bersihin eye makeup nya sampe bener-bener bersih. Makasih banyak ya kak :)

      Hapus
  2. wah infonya berguna banget ini kak...aku jadi deg degan. aku sendiri kalo bersihin makeup mata kadang nggak teliti, yg penting di hapus aja. nggak tau masih ada yg nempel apa nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener aku dulu juga gt bahkan aku suka langsung tidur tanpa bersihin eye makeup karena pasti lebih fokus ke bersihin face makeup. Semoga artikel ini bisa buat orang-orang lebih aware yaah

      Hapus
  3. Halo Rizka, waaaah bagus banget ini infonya! selama ini yang aku tahu iritasi mata gara2 makeup dan extension, ternyata debu dari bermotor juga bisa berpengaruh. Sebagai pemotor aku harus banget waspada nih. makasih ya infonya <3 untuk pencegahannya, dokter menyarankan kah untuk memakai obat tetes mata dalam jangka waktu tertentu?

    Salam kenal yaa, saling follow yuk ^^


    Love,

    Atikah A,
    https://www.atikahamalia.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk obat tetes mata hanya untuk mata iritasi memerah sama gatal, tapi kalau udah selama seminggu masih iritasi mungkin kamu bisa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Iya terimakasih jg sudah visit ke blog aku. Yuk boleh banget saling follow satu sama lain dan salam kenal atikah :)

      Hapus

Copyright © 2014 My Journeys